Apa yang Tidak Boleh Dilakukan saat Wisata di Jepang?

Pasca lebaran tanggal 10 April 2024 saya dan suami melakukan perjalanan melancong ke negeri Sakura. Pas banget keberangkatan kami bulan April bertepatan dengan musim semi di Jepang. Tahukan, kalau pas musim semi berarti musimnya bunga-bunga bermekaran. Utamanya adalah bunga Sakura. Bagi warga asing macam kami, tentunya bisa melihat bunga Sakura secara langsung itu amazing. Karena […]

Pentingnya Memiliki Batas Bawah Keuangan

  Dulu saya tipe orang yang kalau dapat duit, langsung beli ini beli itu, lalu habis seketika uangnya. Bahkan sebelum duitnya ada pun, sudah beli duluan, alias kredit…hehe. Setelah itu pusing lagi, kok nggak ada duit nih? Terus kepikiran utang ke siapa lagi yah? Alhamdulillah ketemu suami Arif Rahutomo yang memiliki pola pikir tidak sama […]

Nikmat Terbesar

Kalau ditanya nikmat apa yang paling besar menurut anda? Mungkin jawaban anda bisa diberi kesehatan, keluarga, rezeki, pekerjaan, dan lain sebagainya. Ya, itu semua memang nikmat yang besar yang diberikan Allah swt kepada kita semua. Termasuk nikmat bisa hidup di dunia ini juga sebuah nikmat yang besar, bukan? Kita diberi kesempatan untuk mencecap rasa hidup […]

Jangan Berharap Enak untuk Hidup Enak

Di dunia pemberdayaan diri sedang marak sekali orang-orang yang kesengsem dengan hukum LOA. Law of atrraction atau disebut juga sebagai hukum tarik menarik. Maksudnya dengan hukum ini, ketika manusia menarik (berkeinginan) akan sesuatu, maka ia akan mendapatkan sesuatu itu. Caranya mudah, cukup kita perkuat rasa memiliki hal yang kita inginkan itu, dengan afirmasi seoalah-olah apa […]

Menancapkan Kesadaran Tauhid Kunci Hidup Sukses, Tenang dan Bahagia

Tauhid bukan hanya sekedar mengucapkan lafadz Asyhadualla ilaa ha illallahu waasyhadu anna Muhammadarrasulullah. Tetapi lebih dari itu, yaitu bagaimana seluruh kesadaran kita dari lapisan tubuh fisik, mental, emosi dan spiritual tunduk sepenuhnya pada Allah swt Tuhan semesta alam. Mudah? tentu tidak. Kalau mudah tidak ada orang yang menderita di dunia ini. Karena semua sudah memiliki […]

Mempelajari Alam Semesta, Mengurangi Kemelekatan.

Sebagai manusia yang diliputi hawa nafsu yang menebalkan ego, tidak dipungkiri kita seringkali melekat pada banyak hal. Melekat pada harta, melekat pda orang, melekat pada kehormatan, melekat pada nama baik, melekat pada pengakuan orang lain, bahkan melekat pada kejadian yang enggak enak atau pada orang yang menyakiti sehingga sulit sekali memaafkan dan terlepas dari memori […]

Kaya di Luar, Kaya di Dalam

Siapa yang tidak ingin kaya? semua orang pasti menginginkannya. Tetapi dari setiap orang yang ingin kaya, hanya sedikit orang yang benar-benar memperjuangkannya. Dari sedikit yang memperjuangkan, hanya sedikit yang akhirnya beneran kaya (berlimpah, memiliki harta yang lebih untuk kebutuhan hidup). Tetapi dari sedikit yang berhasil kaya itu, hanya sedikit juga yang bahagia. Tidak sedikit kita […]

Baik Saja Tidak Cukup, Harus Benar, Agar Hidupmu Aman.

Pernah terlibat dalam sebuah diskusi, dimana di situ ditekankan berbuat baik. Pokoknya berbuat baik saja, pasti aman sejahtera hidupnya. Tetapi menurut saya, baik saja tidak cukup. Harus benar juga. Perbuatan baik yang tidak benar, kadang membuat pelakunya jadi terperosok ke lembah persoalan hidup. Contoh: baik sama janda, sementara ia pria beristri. Baik sama bapak-bapak kesepian, […]

Tidak Menerima, Jalan Pertumbuhan Hidup

Saya sering menyampaikan, bahwa agar batin kita tenang, hidup kita bahagia, kita perlu menerima. Menerima ketentuan-ketentuan yang mungkin saat ini tidak sesuai dengan harapan, kemauan dan keinginan kita. Karena memang sesuatu yang membuat kita menderita adalah karena sesuatu itu tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Dari situlah timbul penderitaan. Oleh karena itu, menerima apapun […]

Ciptakan Kebahagiaanmu Sendiri

Apakah teman-teman sedang bahagia? Banyak di antara kita, sulit mengakses rasa bahagia. Sehingga saat melihat orang lain yang tampak sedang bahagia, kita justru jadi semakin menderita. “Kenapa aku tidak seperti dia yang bisa begini dan begitu, sehingga kayaknya bahagia sekali ya?” mungkin ada pertanyaan seperti itu di benak. Perbandingan menjadikan kita semakin sulit merasakan kebahagiaan. […]

Kembali ke Atas